Monday, 23 March 2009

Korelasi Hati dan Pikiran

Menceritakan kembali acara Mario Teguh tentang hati di Golden Ways. Menurut Mario Teguh, hati kita adalah lautan yang paling luas. Tapi tidak semua orang memiliki hati yang seluas itu. Diri kita sendirilah yang membuat seberapa luas hati kita. Seperti posting saya pada masa blog ini masih muda (he,,3x, pas masih awal ngeblog maksudnya) saya mengibaratkan tentang hati yang ibarat segelas air putih, satu ember air, atau pun sebuah danau. Getirnya kehidupan diibaratkan dengan segenggam garam. Jadi dimanakah garam itu akan kita tempatkan. Dengan kita sadari atau tidak, dengan persetujuan kita atau tidak, getirnya kehidupan akan masuk ke dalam hati kita, Yang menjadi permasalahannya adalah
seberapa luas hati yang kita miliki. Semakin luas hati yang kita miliki, maka semakin melimpah air untuk melarutkan getirnya kehidupan ini sehingga hilangkah rasa getir dari garam itu. Demikian juga sebaliknya, jika hati kita hanya ibarat segelas air, maka getirnya kehidupan akan kita rasakan sebagai sesuatu yang sangat pahit..

Dus, bagaimana cara memperluas hati kita? Salah satu caranya yaitu dengan menggali berbagai informasi. Bagaimana cara menggali informasi? Caranya dengan menggunakan akal pikiran yang kita miliki. Kita ibaratkan pikiran sebagai sebuah lingkaran, dan hati ada dalam lingkaran itu. Jika kita membuka satu celah pada lingkaran itu (Pikiran kita-red) kita mendapatkan masukan informasi dan jika kita membuka beberapa celah pada pikiran kita, maka informasi yang masuk ke dalam hati juga akan semakin bertambah dan semakin luas. Jadi, potensi luasnya hati juga ditentukan oleh akal pikiran kita. Jangan kecilkan potensi hati kita untuk meluas hanya karena sempitnya pemikiran kita.

Itulah mengapa Tuhan berfirman kepada kita untuk berfikir (misalnya pada beberapa akhiran ayat yang berbunyi “,,,,,,kenapa kamu tidak berfikir”, itulah perintah Allah agar kita senantiasa menggunakan akal pikiran kita). Ada beberapa kriteria hati yang di kriteriakan oleh Aa Gym, yaitu Hati yang mati, Hati yang sakit dan Hati yang sehat (mungkin akan saya posting di lain kesempatan).

Tenangkanlah hati kita, karena hanya dengan hati yang tenang kita dapat meresapi nikmatnya kegetiran ataupun anugerah yang telah Tuhan berikan pada kita. Katakanlah pada diri anda, “Saya mempunyai hati yang luas, karena itu Tuhan memberikan kegetiran hidup pada hati saya, karena Dia tahu saya dapat menerima kegetiran ini, karena orang lain belum tentu memiliki hati yang luas seperti saya “. Mungkin ada yang bilang narziz, tapi saat kita menerima anggapan orang yang bilang kita narsis adalah bukti nyata bahwa kita memang memiliki hati yang luas. SALAM SUPER,,,,,!!!!!!

30 comments:

  1. Salam, info yg menginspirasi

    ReplyDelete
  2. Mantap cuy...
    sukses terus ya...


    Hai Friends...
    Salam Musik...
    saya sekedar informasi ni, jikalau kamu butuh TAB/ Tablature Lagu-lagu Indonesia kamu boleh mendownload-nya di
    http://gitarkeren.blogspot.com/search/label/Search%20Tablature%20Gitar%20Indonesia/
    atau di
    http://gitarkeren.blogspot.com/

    Kamu juga bisa request tablature lagu indonesia yang kamu suka..

    Mari Berbagi karna berbagi gak ada ruginya...

    Just for you.

    Terima Kasih,
    vanza_vanfi

    ReplyDelete
  3. segenggam garam kita aduk aja pake sendok biar larut, artinya kita butuh orang lain sebagai sendok untuk melarutkannya..

    ReplyDelete
  4. @cahKbm : Terima Kasih, semoga bermanfaat.
    @Daniel : Sukses jg buat anda, taw juga y aq seneng gitar,,,he3,,,,

    @kakve-santi : Salam Super Juga,,,,,
    @Yudie : Terima Kasih Boss,,,

    @Kavi_BorLaNd : Ya kalo perlu sendok,,silakan,,,,he3,,,,,

    ReplyDelete
  5. great post.
    tukeran link nyok????

    ReplyDelete
  6. selamat pagi pak admin,mohon ijin untuk ikut corat-coret di kolom komentar ini,ane bangga bisa menemukan website yang super super keren ini.info2-nya sangat menarik penuh manfaat..thanks,,salam kenal untuk semua and sukses selalu..

    ReplyDelete
  7. Informasi yang sangat menarik,sukses ya untuk website nya

    ReplyDelete
  8. websitenya bagus,postinganya juga menarik.sangat bermanfaat bagi

    ReplyDelete
  9. artikel yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua

    ReplyDelete
  10. situsnya keren nih, banyak info menarik

    ReplyDelete
  11. kunjungi web kami untuk info obat tradisional terupdate... thanks

    ReplyDelete
  12. mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada Keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

    ReplyDelete
  13. artikel yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua

    ReplyDelete
  14. terima kasih banyak atas informasi yang telah disajikan senang bisa berkunjung dan kami tunggu artikel terbarunya.
    Obat Infeksi Lambung
    Obat Ginjal Bocor
    Obat Ginjal Bengkak
    Obat Nyeri Sendi
    Obat Jantung Bengkak
    Obat TBC Paru

    ReplyDelete