Tuesday, 27 January 2009

Banyak Silaturahim, Banyak Melayani, Banyak Rejeki

Hujan ingatkan aku pada satu kisah KKN di daerah pegunungan di Kendal, tepatnya di Desa Sumberrrahayu. KKN yang mungkin akan dikenang olah masyarakat. Bukan karena apa yang telah saya dan kelompok saya berikan kepada mereka, tapi karena "kesederhanaan" KKN kami yang tanpa adanya perayaan saat kami datang maupun saat perpisahan. Ya, karena KKN saya dan kelompok saya ini KKN alternatif, jadi semua dana, lokasi, program kerja, dan segala tetek bengeknya kami urus secara independent. Tapi untungnya Bapak Kepala Desa waktu itu, Bapak Sugiharto beserta seluruh aparat desa dan masyarakat dapat antusias menerima kami.

Satu hal yang selalu saya ingat dari Pak Lurah yaitu kalimat "Banyak Silaturahim, Banyak Rejeki".Kalimat itu semakin lengkap dengan kalimat yang saya dapat dari Purdi E. Chandra, Pendiri Lembaga Bimbingan Primagama, Isi kalimat itu adalah, "Banyak Melayani, Banyak Rejeki". Dari kedua kalimat tersebut saya sudah mendapatkan contoh yang begitu nyata. Contoh yang begitu jelas yaitu pendiri google, Lary Page dan Sergey Brin, yang dengan semangat melayanai umat dengan memudahkan orang untuk mencari sesuatu, mereka malah mendapatkan "royalti" yang sangat besar. Di samping itu ada juga Mark Zuckerberg yang ingin mengumpulkan teman-teman satu kelasnya dengan facebook-nya.

Dari dua contoh itu, mungkin dapat membakar semangat kita untuk selalu mempererat tali silaturhim dan semangat untuk saling melayani. Dalam buku Robert T. Kiyosaki juga disebutkan, "Kalau kita melayani ribuan orang, maka sebagai timbal balik, maka kita akan menjadi jutawan. Jika kita melayani jutaan orang, maka kitapun akan menjadi miliarder. Namun menurut hemat saya, he3,,,semangat untuk melayani dengan ketulusan tanpa pamrih adalah yang nomor satu, karena dengan ketulusan dan keikhlasan akan mendatangkan kekuatan yang luar biasa dari sisi Tuhan untuk kita.

Dan dengan banyak silaturahim dan banyak melayani dapat mendatangkan rejeki ataupun kemudahan bagi kita maupun bagi saudara kita. Misalnya saja saat kita kesulitan dalam hal finansial, dengan silaturahim maka kita mungkin bisa dapat pinjaman dari sodara kita. Demikian juga saat saudara kita yang dalam kesulitan, maka kita dapat membantu mereka, dan kita juga mendapat pahala atas perbuatan kita tersebut. Jadi, Perbanyaklah silaturahim, Perbanyak Melayani, dan Perbanyak untuk Beramal dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan.

12 comments:

  1. setuju bro banyak silaturahmi banyak rejeki..

    ReplyDelete
  2. Biasanya kalau KKN dapat pacar karena cinlok, atau kecantol sama anaknya Pak Lurah

    ReplyDelete
  3. pengennya sih gitu,,,tapi anaknya Pak Lurahnya masih kelas enam SD gmn dunk,,,,he3,,,,,

    ReplyDelete
  4. berarti bukan banyak anak banyak rejeki ya??? he he hee

    ReplyDelete
  5. banyak anak banyak rejeki bisa juga koq, banyak anak, banyak silaturahim, jg khan,,,he3,,,,

    ReplyDelete
  6. setuju, saya betah bgt bacca2 disini, mantep bgt artikelnya buat pencerahan

    ReplyDelete
  7. Setuju boss. salam kenal cakep(bumen)

    ReplyDelete
  8. saya juga setuju lho

    btw bolehkah saya bertanya...

    bisakah saya di ajari cara membuat daun2 bergugurannya seperti di blog ini?

    ReplyDelete
  9. Traveller & BIG SUGENG : Tengkyu beh,,,,,Salam kenal juga ya,,,,

    Faza : mksh, search ada d google, aq jg dah lupa,,,he3

    mksh semuanya dah komen,,,,

    ReplyDelete