Friday 6 February 2009

Tak Sempurna

Kita semua tentu memiliki kelemahan atau ketidaksempurnaan dalam diri kita masing-masing, namun dalam menyikapi kelemahan atau ketidak sempurnaan itulah yang berbeda-beda pada tiap diri kita. Sebagian besar orang akan "menyesali" kekurangan dalam dirinya itu. Kita menganggap kekurangan kita menjadi suatu penghambat dalam kita menggapai mimpi. Namun jika kita lihat dari sudut pandang
yang berbeda, kita bisa menggunakan kelemahan kita agar bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Ada kisah seorang yang hidup di pedesaan, Setiap hari dia membawa dua ember air yang dipikul dari sumber air ke rumahnya. Salah satu dari ember itu retak sehingga air yang dibawa dari sumber air ke rumah selalu berkurang. Karena merasa kecewa dengan keadaan dirinya, si ember yang retak merasa bersalah pada sang pemilik, karena hanya separo air yag bisa dibawa. Si ember bilang pada sang pemilik "Maaf, saya sudah mengecawakanmu, karena hanya separuh air yang bisa saya bawa sampai rumah". Dan sang pemilik ember berkata kepada ember yang retak tersebut,"Tidakkah kau lihat di sepanjang jalan tadi ada bunga-bunga yang indah? mereka jadi tumbuh dan berkembang karena air yang keluar dari retakan yang ada pada diri kamu". Dan dengan bunga-bunga itu saya dapat menaruhnya di rumahku.

Apa sih contoh yang nyata dalam kehidupan kita? Sebagai contoh, hal yang paling banyak menjadi masalah bagi kita adalah masalah uang. Sering kita kekurangan secara finansial dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari kita. Itu adalah salah satu kekurangan kita dalam mencari penghasilan, alhasil sebagai solusinya, kita harus pijam uang dari saudara ataupun tetangga untuk menutupi kebutuhan kita. Bias juga kita meminjam ke Bank. Dengan meminjam ke Bank, berarti kita juga sudah membantu Bank tersebut untuk membayar karyawannya. Dan apa kelemahan yang ada pada diri anda? yakinlah bahwa kelemahan itu dapat membuat kita menjadi bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain.

Maka, jangan pernah sesali kekurangan yang ada pada diri kita. Tuhan menciptakan kita berbeda-beda dengan segala kelebihan dan kekurangan tidak lain agar kita dapat saling melengkapi satu sama lain. Perbedaan akan sangat berarti, kalau di dalamnya ada toleransi.Cheers,,,,,!!!!!!

2 comments:

  1. pertamaxxx....

    dan mumpung lagi gak punya uang, pijem dunk...he he he

    anyway postingannya bagus bro dan bermakna banget!!

    salam,

    ReplyDelete
  2. nice posting....
    semua manusia yang di ciptakan allah tidak lah sempurna,karena kesempurnaan hanya lah milik nya,namun di balik kekurangan yang allah ciptakan pasti lah ada tujuan baik untuk kita sendiri ataupun org lain...

    ReplyDelete