Saturday 20 December 2008

Menikmati Proses

Pas saya chatting (hi,,,hi,,,hi,,,jadi ketahuan tukang chating nie,,,,) ada anak SMA yang tanya sama saya, katanya " Mas, tolong kasih masukan donk, aku khan mau nerusin sekolah (red-kuliah),,,,," saya agak bingung juga mau jawab gimana, karena saya pas kuliah dulu juga bukanlah mahasiswa yang baik atau teladan,,,,he2,,,.Tapi saya katakan sama dia kalo kuliah itu bukanlah sekedar mencari ijasah, gelar, ataupun nilai bagus. Tapi kalo saya dulu sie, jujur saja y, saya kuliah untuk mendapatkan gelar dan nilai yang bagus dan saya rasa teman2 saya juga demikian. Jadi target utamanya adalah mendapatkan gelar dan nilai yang bagus.

Namun setelah saya lulus dan bekerja, ternyata ijasah dan nilai bagus hanya sedikit memegang peran dalam dunia kerja. Karena setelah bekerja, ijasah dan nilai bagus itu menjadi semacam beban bagi kita. Ya misal kalo kita lulusan dari Universitas terkemuka dengan nilai IPK yang tinggi, namun di dunia kerja kualitas kita berada di bawah kualitas yang ada di ijasah atau transkrip nilai kita, apa kita tidak malu,,,,he3 (bagi yang masih punya malu sie,,,).

Dalam buku Manajemen Qolbu karya Aa Gym dikatakan bahwa jika kita melakukan sesuatu, nikmatilah prosesnya dan dengan sendirinya pasti hasilnya juga pasti kita rasakan. Jadi bukanlah hasil yang akan kita dapatkan tetapi proses untuk mendapatkan tujuan kita lah yang banyak mengandung pelajaran - pelajaran yang sangat berharga.

Jadikan aktivitas - aktivitas yang positif untuk menjadi kebiasaan dalam keseharian kita, misalnya saja membaca buku - buku tetang hal yang anda sukai, luangkan waktu 10 - 15 menit sehari untuk membacanya, maka anda akan merasa kegiatan membaca bukanlah hal yang membosankan dan lambat laun akan menjadi kebiasaan anda sehari - hari.Jadi satu hal yang harus kita ingat adalah "Menikmati Proses".

"KITA BEKERJA UNTUK MENJADI SESUATU, BUKAN UNTUK MENCARI SESUATU" - Elbert Hubbard -

No comments:

Post a Comment