Monday 24 November 2008

Choose One Chair

Lama saya tidak baca buku, buku terakhir yang saya baca sampe habis adalah buku "Before You Quit Your Job", sebuah buka untuk kita yang ingin menjadi wirausahawan karya Robert T. Kiyosaki. Buku bukan milik saya, tetapi punya kakak saya yang juga seorang wirausahawan yang cukup sukses, walaupun sekarang agak gonjang-ganjing karena terkena dampak dari krisis global. Kemarin saya sempat tanya, dengan keadaan sekarang ini apakah dia akan meneruskan usahanya atau berhenti usaha dan mengambil jalur "aman" dengan menjadi karyawan bagi orang lain?. Dia bilang dia akan terus meneruskan usahanya, meskipun hingga akhirnya hanya akan ada dia seorang yang mengerjakaan usahanya tersebut jika adik-adik dan temannya mengambil jalur "aman".


Bagi saya ini adalah sebuah teladan seorang wirausahawan yang harus di tiru dan saya harap saya juga dapat memiliki SEMANGAT kewirausahaa, yang ada pada diri kakak saya. Bagi anda para pembaca blog ini yang juga ingin menjadi entrepreneur sejati kiranya dapat menjadi acuan untuk kita terus melangkah d jalur yang penuh resiko ini. Tapi yakinlah, setiap masalah pasti selalu ada jalan keluar, begitupun dengan keadaan ekonomi dunia saat ini.

Terus terang, motivasi saya untuk menjadi wirausaha adalah sabda Nabi yang berbunyi " Sebaik-baik umat adalah yang banyak manfaatnya bagi sebanyak-banyak umat ". Inilah yang selalu memberi kekuatan pada saya untuk terus mencoba menggeluti dunia wirausaha. Selain itu tentu ada beberapa faktor yang juga memeberi semangat, seperti saya yang tidak suka dengan rutinitas, menyukai tantangan, dan ada beberapa hal yang secara kontinu mendorong saya untuk berwirausaha.

Jika saja saya tidak memeiliki kakak seperti yang saya miliki sekarang, mungkin saya juga akan lebih memilih jalur "aman" untuk hidup saya ini. Dan Negara kita ini saya rasa hanya sedikit orang yang berani mengambil jalan yang penuh resiko. Mungkin memang pendidikan kita yang mengarahkan kita untuk menjadi "Kuli" d negara kita sendiri dan pemikiran orang tua (pedesaan) yang menginginkan anaknya bekerja d perusahaan besar. Masih banyak faktor yang membuat kita takut mengambil jalur wirausaha. Tapi saya harap akan semakin banyak wirausahawan muda Indonesia yang mampu menciptakan lapangan kerja d negara kita ini.

Meskipun kita belum bisa menggapai sukses dalam berwirausaha, tapi setidaknya kita sudah memiliki pola pikir dengan orang tua kita yang menginginkan kita jadi "Kuli". Dengan pola pikir kita yang lebih maju sekiranya dapat kita tanamkan pada anak-anak kita agar tidak menjadi "Kuli" di negera kita sendiri.
Demikian postingan saya kali ini, semoga dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk kehidupan yang lebih baik, Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment