Monday 16 June 2008

Jaga Semangat

Kemarin malam saya mengantarkan Ayah saya ke rumah adik Ibu saya, mumpung Ayah saya lagi di Jakarta , Beliau mengunjungi anak-anaknya dan sanak keluarga yang ada di Sekitar Bekasi. Dan di rumah Paman saya itu saya bertemu dengan saudara sepupu yang kembar. Dan setelah sedikit ngobrol-ngobrol ternyata mereka baru aja lulus dari SMA. Rasanya baru kemaren saya bermaian dengan mereka berdua, saat masih SD main di Purwokerto, dan sekarang sudah menjadi cewek-cewek yang lulus SMA.

Saya pun teringat kembali waktu saya lulus SMA, saya berpikir bahwa jalan ke depan akan tampak mudah, namun kenyataannya tidak demikian. Setelah lulus SMA saya melanjutkan kuliah di salah satu Universitas Negeri di Semarang. Singkat cerita selama saya menjalani kuliah memerlukan perjuangan yang cukup berat (bagi saya) dimana uang saku dari Bokap cuma pas-pasan, malah kebanyakan digunakan untuk membuat tugas-tugas kuliah yang seabrek, mulai dari fotokopi buku, rental komputer, dan pengeluaran-pengeluaran kost yang tak terduga.

Namun, saya merasa tetap lebih beruntung karena mungkin masih ada yang lebih "kekurangan dari saya. Hingga saat lulus kuliah, saya sudah berangan-angan untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan gaji yang besar. Namun dalam perjalanan mencari pekerjaan, saya menemui banyak tantangan juga, Namun saya tetap berpikir positif, bahwa bukan hanya saya saja yang kesulitan mencari kerja.

Setelah berbagai tes di beberapa perusahaan saya lalui, akhirnya saya di terima di salah satu perusahaan kontraktor ME. Dan setelah saya masuk, saya mengira akan sedikit merasa santai, karena sudah ada penghasilan, tetapi setelah kerja pun saya dihadapkan pada berbagai macam masalah lain, entah itu hubungan dengan atasan, keluarga, arah karir hingga ke rencana berumah tangga. Bagaimana dengan anda? Cobalah sejenak kita melihat dunia dari sisi yang lain. Kita lihat bahwa kapanpun dan di manapun kita selalu dihadapkan dengan masalah-masalah yang datang seperti tak kunjung henti-hentinya. Namun yakinlah bahwa kita mampu untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Ada perlunya juga anda mengingat-ingat masalah-masalah yang telah anda pecahkan. Hal ini akan membantu anda untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kini sedang anda hadapi. Percayalah bahwa hidup itu merupakan sebuah perjuangan, sehingga di akan selalu dituntut untuk selalu berjuang dari kita lahir hingga kita meninggalkan dunia ini.Yakinlah bahwa perjuangan anda tidak akan sia-sia. Setiap perjuangan akan membuahkan hasil yangn memuaskan.

Seperti pada pertandingan Sepakbola antara Rep. Ceko dengan Turki semalam dalam ajang EURO 2008. Sampai pada menit ke 75 Rep. Ceko masih unggul 2-0 atas Turki, namun dengan melihat Semangat Turki, saya telah yakin bahwa Turki dapat membalikkan keadaan. Dan ternyata prediksi saya tepat! Turki dapat mengalahkan Rep. Ceko untuk lolos ke babak perempat final.

Lihatlah kejadian-kejadian di sekitar anda, temukanlah cara-cara yang telah teruji untuk menggapai sukses, ikutilah "jalan-jalan" yang telah di buka oleh orang-orang yang sukses. Bukankah itu merupakan hal yang mudah untuk meniru sesuatu?


"BERJUANG ITU TIDAK PERNAH SELESAI, KARENA HIDUP, HAKEKATNYA ADALAH PERJUANGAN MANUSIA"
(SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO IX)

No comments:

Post a Comment